Review Huawei P30 Pro Memadukan Unsur Kemewahan dengan istimewa


Jakarta, Suara-meredeka.id – P30 series baru saja diluncurkan oleh Huawei pada akhir Maret 2019 lalu. Seperti Khittahnya, huruf P yang diusung pada perangkat ini mengedepankan sector fotografi dengan lensa Leica yang diusungnya.
Ada banyak peningkatan yang dilakukan Huawei pada perangkat P30 series ini jika dibandingkan dengan pendahulunya yakni P20 series. Tentunya begitu juga dengan P30 Pro yang akan saya ulas kali ini.
Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, meski mengedepankan keunggulan pada sector fotografi, fitur yang ditawarkan pada Huawei P30 Pro sebagai smartphone premium ini tidak lantas bisa disepelekan begitu saja. Bagi saya smartphone ini merupakan perpaduan yang sempurna sebuah smartphone premium.
Tubuh Huawei P30 Pro ini dibalut dengan perpaduan bahan kaca dan logam di sekelilingnya dengan desain warna yang menarik.
Warna breathing crystal seperti yang saya pegang ini memiliki gradasi yang terbuat dari Sembilan nano optical film yang akan berubah warna sesuai dengan sudut pencahayaan.
Smartphone ini memiliki ukuran layar 6,7 inchi layar OLED beresolusi 2,340 x 1,080 pixel. Dengan kualitas layar tersebut, Huawei P30 Pro menampilkan visual yang sangat nyaman di mata penggunanya baik menonton video maupun bermain game.
Lengkungan yang terdapat di kedua tepi dan permukaan membuat Huawei P30 Pro terlihat mewah dan nyaman digenggam dengan ketebalan perangkat hanya sebesar 8.41 mm saja dengan bobot 192 gram.

Kinerja

Untuk mendukung kinerja smartphone ini Huawei menyematkan chipset terbaru buatannya sendiri yakni Kirin 980 berukuran 7nm berteknologi AI, RAM 8GB.
Ruang penyimpanan internal pada perangkat yang saya pegang berkapasitas 256GB. Huawei juga menawarkan opsi penyimpanan lain seluas128GB dan 512 GB.
Sebagai system operasinya, Huawei P30 Pro in menggunakan menggunakan Adroid 9 Pie yang dibalut dengan antarmuka antarmuka EMUI 9.1.
Huawei P30 Pro juga dibekali dengan GPU Turbo 3.0 yang membuat pengalaman gaming menjadi lebih baik.
Perpaduan antara CPU, GPU dan NPU inilah yang membuat kinerja smartphone premium milik Huawei ini terbilang luarbiasa dengan konsumsi daya yang cukup efisien.
Saat digunakan bermain PUBG Mobile, game ini dapat dimainkan dengan mulus tanpa lag dengan settingan grafis HDR dan frame rate ultra.

Fitur

Sebagai smartphone premium, tentunya kita berharap banyak fitur yang bisa didapatkan pada perangkat yang kita miliki.
Yup, Huawei P30 Pro ini juga menawarkan fitur yang menurut saya cukup lengkap, seperti adanya fitur NFC yang melekat di smartphone ini.
Keberadaan fitur NFC ini sangat penting bagi saya mengingat beberapa aplikasi pembayaran yang saya gunakan membutuhkan fasilitas ini. Dengan adanya fasilitas NFC ini juga memudahkan saya melakukan pengisian ulang saldo e-money yang saya gunakan untuk membayar parker atau pun jalan toll kapan saja dan dimana saja.
Huawei juga melengkapi P30 Pro ini dengan fitur infra merah dengan blaster yang ada pada bagian atas smartphone.
Meskipun jarang saya gunakan fitur ini dapat memudahkan penggunanya untuk digunakan sebagai pengganti remote control beberapa perangkat elektronik.
Yang terpenting, Huawei P30 Pro memiliki fitur keamanan yang komplit. Pengguna bisa memanfaatkan fitur face recognition, lock screen password ataupun fingerprint untuk mengamankan perangkatnya.
Untuk pengamanan dengan finger print, Huawei P30 Pro in screen fingerprint sensor. Proses pengenalan sidik jarinya lumayan cukup merepotkan Karena harus beberapa kali menempelkan jari yang akan dipindai.
Sensor sidik jari ini dapat berfungsi baik dengan berbagai posisi jari yang akan mengaksesnya. Tetapi sensor tidak dapat mengenali ketika jari dalam keadaan basah Jadi pastikan jari kalian dalam kondisi yang kering untuk membuka perangkat.

Baterai

Huawei membekali P30 Pro ini dengan baterai sebesar 4.200 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar ini dan dalam penggunaan yang normal, perangkat akan mampu bertahan seharian tanpa harus menchargenya.
Huawei juga melengkapi pengisian dayannya dengan memberikan fitur 40w SuperCharge yang mampu mengisi daya sebanyak 70 persen dalam waktu 30 menit.
Fitur reverse wireless charging juga ada dalam Huawei P30 Pro yang membuat perangkat ini bisa menjadi powerbank untuk mengisi daya smartphone lainnya.
Saya mencoba menggunakan fitur ini untuk mengisi daya smartphone saya lainnya yang mempunyai fitur wireless charging.
Dalam waktu pengisian selama 15 menit, Huawei P30 Pro mampu mengisi 5 persen smartphone saya yang satunya. Sementara dalam proses pengisian daya tersebut, daya yang berkurang pada Huawei P30 Pro sebanyak 8 persen.

Fotografi.

Sesi ini mungkin jadi bagian yang menarik dari ulasan kali ini. Huawei menempatkan empat buah kamera pada perangkat P30 Pro-nya.
Tiga kemera berteknologi Leica masih bertenger secara vertical di sudut kiri atas bagian belakang smartphone dan disebelahnya terdapat LED Flash serta satu buah kamera kecil di bawahnya
Tiga kamera yang berjajar vertical tersebut memiliki kapasitas masing-masing  40MP (wide) + 20MP (ultrawide) + 8MP (tele). Sedangkan kamera kecil yang berada di bawah LED Flash merupakan kamera Huawei Time-of-Flight(TOF) untuk menghasilkan foto bokeh yang rapih.
Kamera ultra wide yang ditawarkan oleh P30 Pro ini mampu menghasilkan foto yang dramatis dengan sudut pengambilan yang lebih lapang. Lensa ini sangat berguna sekali untuk mengambil gambar panoramic.
Nah Itulah Beberapa hasil Review Smartphone Huawei P30 Pro yang memadukan unsur ke mewahan dengan baik dan ke istimewaannya


Comments

Popular posts from this blog

3 Langkah Untuk Meningkatkan Stamina Tubuh

Bagaimana Membangun Kepercayaan diri

Download Film Studio Ghibli Lengkap Subtitle Indonesia BD 720p Part 2