Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Bocor Awet Digunakan

Bestowyl.com - merupakan salah satu perangkat teknologi canggih komputer yang portable. Seiring berkembangnya zaman tentunya penggunaan komputer kurang praktis, tidak bisa dibawa kemana-mana maka dari itu komputer ber evolusi lah menjadi laptop. Jikalau di komputer sumber daya nya adalah listrik yang dialirkan ke PSU di laptop berbeda. Di laptop sumber daya berasal dari baterai yang menjadi tempat penyimpanan daya. 


Baterai merupakan salah satu komponen penting karena sumber daya laptop. Daya baterai pada laptop tentunya terbatas seperti baterai pada umumnya, tetapi baterai pada laptop bisa di charging tidak sekali pakai. Perawatan pada baterai tentunya harus diperhatikan oleh kamu, karena laptop menjadi penyalur pada seluruh hardware. Kamu tidak boleh sembarang, karena jika baterai laptop kamu tida awet atau mengalami kebocoran, maka kinerja laptop bakalan kurang optimal.

5 Tips Ampuh Merawat Baterai Laptop

inilah beberapa tips yang terbilang sepele namun berpengaruh pada kesehatan baterai laptop. Jika baterai sudah diabaikan dalam jangka panjang akan mengakibatkan kebocoran dan super boros. 

1. Cabut Charger saat baterai mencapai 100%

Jika kamu sedang men-charger laptop kamu dan daya sudah mencapai angka 100%. Maka alangkah baiknya kamu cabut saja chargernya. Jika kamu membiarkan kejadian tersebut dan charger terus menempel maka kamu sama aja memperpendek umur baterai tersebut. Arus yang terus mengalir kedalam baterai laptop padahal baterai sudah penuh sama aja merusak baterai.Akan tetapi, ada beberapa jenis laptop gaming khusus-nya yang merekomendasikan kamu charger terus ketika digunakan juga. Misalkan kamu sedang bermain game sambil di charger dan daya sudah mencapai angka 100%. Ada beberapa jenis laptop gaming yang boleh hal ini terjadi, malahan di rekomendasikan oleh officialnya sendiri.


2. Gunakan Baterai dan Charger Original

Kamu harus memastikan bahwa baterai yang sedang kamu gunakan pada laptop kesayanganmu adalah baterai original dan bawaan pabrik lebih bagus. Tentunya baterai bawaan pabrik sudah teruji keamanan dan kualitasnya sendiri untuk mengaliri daya pada hardware. Jika kamu menggunakan baterai abal-abal jangan harap kamu mendapat hasil yang maksimal pada kinerja laptopmu.Perlu diingat juga, jangan pernah memakai charger abal-abal atau charger milik teman kamu. Walaupun lubang port dan bentuk chargeran sama tetapi arus listrik yang dialirkan bisa saja kecil atau besar. Kalau arus yang dialirkan kecil dan tidak stabil maka baterai laptop kamu akan boros dari biasanya. Ingat, setiap baterai laptop memiliki standar yang berbeda tidak semua sama. 


3. Charging dalam Keadaan Mati

Kamu juga perlu memerhatian hal sepele ini. Charging pada saat laptop kamu sedang mati memiliki manfaat yang lebih besar ketimbang saat digunakan atau menyala. sepele namun penting guys.Melakukan hal dapat membantu kamu mempercepat dalam proses charging. Kamu bisa merasakan perbedaan charge sambil menyala dan charge sambil mati. Jika kamu merasakaan charging sambil menyala lebih cepat bisa dipastikan bahwa baterai kamu sudah mulai rusak dan pastinya sudah terasa boros dalam pemakaian.


4. Charge Laptop mu Jangan Sampai 0%

Beberapa orang berpikiran untuk men-charge laptop kesayangannya menunggu terlebih dahulu hinngga 0%. Justru itu sangat tidak direkomendasikan. Dalam keadaan laptop normal, menunggu baterai habis dapat merusak baterai.Lebih baik kamu mencharge laptopmu pada saat baterai mencapai daya 20% saja. Karena jika kamu menunggu 0% bisa saja kinerja baterai menurun. Seperti pengalaman sesudah baterai 0% baru di charge, alhasil baterai tidak dapat terisi penuh hanya mencapai 80% saja. 


5. Hapus Software yang Tak Terpakai

Mungkin kamu selama ini tidak mengetahui ada beberapa aplikasi yang sedang berjalan di laptop kamu padahal kamu tidak merasa menjalankannya. Kamu bisa cek di Task Manager.Aplikasi yang sedang berjalan apalagi banyak dapat memaksa kinerja CPU dan kawan kawan untuk multitasking. Ini menyebabkan memakai daya laptop yang tinggi. Alangkah baiknya segera uninstall aplikasi yang tidak diperlukan dan stop aplikasi/softwareyang sedang berjalan. 

Jadi Saran saya untuk yang ingin laptop nya selalu bertahan hingga digunakan bertahun tahun terapkan saja peraturan yang di atas ini . terimakasih sudah berkunjung di situs saya . salam pengetahuan

Comments

Popular posts from this blog

3 Langkah Untuk Meningkatkan Stamina Tubuh

Bagaimana Membangun Kepercayaan diri

Download Film Studio Ghibli Lengkap Subtitle Indonesia BD 720p Part 2